BERITA

DPMP Lakukan Pembinaan dan Monitoring Pelaksanaan Dana Transfer ke Pekon

Jumat, 30 Agustus 2019   Saptiwi Pujiharjanti   59  

Guna mengetahuhi realisasi pelaksanaan dana transfer ke pekon pada Tahun Anggaran 2019 Triwulan I dan II, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pesisir Barat melakukan monitoring ke seluruh kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat. Monitoring tersebut berlangsung dari tanggal 19 Agustus 2019 sampai dengan 4 September 2019.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ahmad Tambat, S.Pd., M.M. selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Pekon menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk melihat langsung administrasi keuangan pekon serta realisasi pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di setiap pekon. Dengan begitu, dinas dapat mengidentifikasi kendala dan hambatan yang dihadapi oleh pihak pekon dalam menyusun administrasi dan realisasi pembangunan yang bersumber dari dana transfer. Hasil identifikasi tersebut kemudian dapat menjadi dasar melakukan pembinaan dan penentuan kebijakan dalam penyaluran dana transfer tahap selanjutnya.

Sementara itu, ditemui saat memimpin pembinaan dan monitoring di Kecamatan Ngambur, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pesisir Barat, Murliana, S.Sos., M.Sc. menyampaikan harapannya kepada seluruh peratin agar  memberdayakan dan mengoptimalkan kinerja aparat yang ada di pekon masing-masing, sehingga semua agenda kegiatan pekon dapat berjalan dengan maksimal. Untuk itu, hendaknya semua aparat harus memaksimalkan kinerjanya mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, maupun saat pelaporan/administrasi.  Semua laporan harus disampaikan tepat waktu, khususnya Laporan Pertanggungjawaban atau SPJ yang harus disampaikan paling lambat pada tanggal 10 bulan berikutnya.

“Bagi aparat pekon yang belum bisa membuat laporan dan belum bisa mengaplikasikan Siskeudes, DPMP telah membuka kelas Bimbingan Siskeudes sejak bulan Mei 2019. Kami selalu siap membimbing selama jam kerja atau bisa juga kami diundang ke kecamatan. Kami siap hadir, demi kemajuan pekon di Pesisir Barat, “ tambahnya. (tw)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat Lantik Murliana, S.Sos., M.Sc. Menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang Baru

    Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat, Ir. N. Lingga Kusuma, M.P. melantik Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon, Murliana, S.Sos., M.Sc. menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat pada Jumat (6-9-2019) di OR Sekda, Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat. Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2019 pada bulan Mei lalu.

    Peletakan Batu Pertama Lampu Jalan Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah Tahun 2019

    jalan pekon, jalan desa, pesisir barat, kampung jawa, bantuan, dana desa

    Bupati Pesisir Barat Memimpin Rapat Koordinasi Pekon Se-Kabupaten Pesisir Barat

    pekon, pesisir barat, rapat koordinasi, dana desa, dana pekon