PROFIL

Latar Belakang

Kabupaten Pesisir Barat yang merupakan salah satu daerah otonom di Provinsi Lampung harus memiliki program pembangunan yang terpadu yang dilaksanakan secara menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan yang menyentuh masyarakat pada tatanan terbawah. Program pembangunan yang dilaksanakan merupakan perubahan yang mendasar dan mengandung semangat desentralisasi,berpola pada pendekatan wilayah, pendekatan kemasyarakatan dan social budaya yang ada dan berkembang di masyarakat. Perubahan mendasar tersebut adalah tujuan kabupaten/kota untuk lebih mampu berperan dalam perencanaan dan pelaksananan pembangunan daerah. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437).

Guna melaksanakan pembangunan tersebut dan sebagai upaya peningkatan keberdayaan masyarakat dan pemerintahan yang akuntabel perlu dilakukan melalui perencanaan,pelaksanan dan pengawasan pembangunan secara bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat, agar sumber daya yang terbatas dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Salah satu upaya untuk mencapai adalah melalui keterpaduan dan keserasian pembangunan dalam matra perencanaan yang tertata secara baik.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pesisir Barat yang dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Pesisir Barat Nomor 45 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kabupaten Pesisir Barat. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pesisir Barat merupakan bagian dari Organisasi dari pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi dibidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon dalam upaya mendukung menciptakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance). Hal ini sesuai dengan Inpres Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitasi Kinerja Instansi Pemerintah yang merupakn wujud pengembangan dan penerapan system pertanggungjawaban yang tepat, jelas dan legitimate. Oleh karena itu, Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon berupaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat mellaui pelaksanaanberbagai kebijakan dan program-program pembangunan agar kondisi kehidupan masyarakat mencapai tingkat kemampuan yang diharapkan dan memberikan kekuasaan mengalihkan kekuatan atau mendelegasikan otoritas serta masyarakat memiliki kemandirian dalam pengambilan keputusan dalam rangka membangun diri dan lingkungan secra mandiri. Dengan kata lain pemberdayaan masyarakat berarti memampukan dan memandirikan masyarakat.

  • Share on :